HARI 29: SELALU TERBUKA

“Selalu Terbuka”
Oleh Randy Maxwell

Beberapa hari Minggu berlalu, Suzette dan saya lelah terkurung di dalam rumah, jadi kami memutuskan untuk pergi ke The Landing - sebuah pusat perbelanjaan luar ruangan di Renton, Washington, tempat kami tinggal, dengan toko-toko, restoran-restoran, layanan-layanan, dan sebuah bioskop multi layar.

Toko kacamata yang ingin saya kunjungi memiliki tanda di pintu yang mengatakan bahwa, karena COVID-19, mereka ditutup sampai pemberitahuan lebih lanjut. Namun toko itu bukan satu-satunya. Saya berkendara ke toko Ross — ditutup. Toko Olahraga Dick — ditutup. Marshall — ditutup. World Market — ditutup. Tempat parkir telah menjadi seperti kota hantu. Virus yang tidak terlihat itu menunjukkan kekuatannya untuk membuat semua mobil dan pembeli menghilang.

Hanya beberapa hari sebelumnya, Gubernur Jay Inslee telah mengeluarkan perintah tinggal di rumah yang pada dasarnya menutup seluruh negara bagian Washington. Jadi di bawah perintah ini saya menulis renungan ini. Itulah sebabnya saya menghargai pertemuan yang Yesus lakukan dengan seorang pencari kebenaran yang masih ragu-ragu bernama Natanael.

Yesus sedang menuju ke Galilea. Di perjalanan, Dia meminta Filipus untuk mengikuti-Nya. Filipus kemudian pergi untuk mencari temannya, Natanael, dan mengatakan kepadanya, "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." Yohanes 1:45

Penyebutan nama Nazaret memicu reaksi yang sama bagi Natanael seperti yang dimiliki oleh orang-orang saat ini sehubungan dengan virus corona — itu penyebab semuanya ditutup. "Nazaret! Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret? tanya Natanael. Kita mungkin bertanya, dapatkah sesuatu yang baik datang dari virus corona ini? Dari ketidaknyamanan dan kekacauan dari menjaga jarak sosial? Dari ketidakmampuan jemaat untuk berkumpul di rumah ibadah mereka? Tetapi terkadang hal-hal baik datang dari tempat-tempat atau pengalaman-pengalaman yang buruk.

Pujian diberikan kepada Natanael, dia menanggapi undangan Filipus untuk "datang dan melihat" dan pergi bersamanya. Yesus melihat Natanael datang mendekat dan berkata, "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 

"Bagaimana Engkau mengenal aku?" tanya Natanael. Yesus menjawab "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara" Yohanes 1:48. Seketika, iman membuka pikiran Nathanael yang tertutup dan dia mengaku "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" (ay. 49).

“Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.” Dia kemudian menambahkan, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia" (ay. 50-51)

Pada saat Yesus di baptis, "langit terbuka," dan Allah mengurapi dan secara lisan memberkati Anak-Nya (Lihat Mat. 3:16-17). “Di sini Kristus dengan sesungguhnya berkata, di tepi Sungai Yordan langit terbuka, dan Roh Allah turun seperti seekor burung merpati ke atas-Ku. Pemandangan itu merupakan suatu tanda bahwa Aku adalah Anak Allah. Jika kamu percaya pada-Ku sebagai Anak Allah, maka percayamu pun akan dihidupkan. Kamu akan melihat bahwa langit terbuka, dan tidak pernah tertutup lagi. Aku telah membukanya bagi kamu. Malaikat-malaikat Allah naik, membawa segala doa orang yang malang dan menanggung kesusahan kepada Bapa di surga dan turun membawa berkat dan harapan, keberanian, bantuan, dan hidup, kepada anak-anak manusia (Kerinduan Segala Zaman, hal. 142, 143).

Haleluya! langit terbuka! langit selalu terbuka, dan tidak ada satu pun — baik prasangka, atau keraguan, atau COVID-19, atau perintah untuk tetap di rumah, atau iblis, baik yang di atas, maupun yang di bawah, atau apapun dalam semua ciptaan yang dapat menutup pintunya (Lihat Rm. 8:39). Dan apa artinya langit terbuka? Artinya, Anda dan saya memiliki akses penuh dan lengkap kepada semua yang ada di sana, dan "rak" itu selalu penuh dengan semua yang kita butuhkan.

Apakah persediaan yang ada di surga?
·         Segala sesuatu yang kita butuhkan untuk kehidupan dan kesalehan (2 Pet. 1:3).
·         Buah Roh (Gal. 5:22, 23).
·         Perlengkapan senjata Allah (Ef. 6:14-17).
·         Janji-janji besar dan berharga (2 Pet.1:4).
·         Kelahiran baru menjadi pengharapan yang hidup (1Pet. 1:3-5).
·         Pikiran Kristus (1 Kor. 2:16).
·         Setiap berkat rohani di dalam Kristus (Ef. 1:3).

Surga terbuka dan Yesus telah memberi kita kunci menuju kerajaan itu (Mat. 16:19). Kuncinya adalah doa. Malaikat adalah agen pengiriman “Amazon” surga, yang mengangkat doa kita kepada Bapa dan kemudian turun membawa berkat-berkat yang paling kita butuhkan — harapan, keberanian, pertolongan, dan kehidupan bagi kita.

The Landing mungkin ditutup, pertandingan basket mungkin ditutup, pertandingan hoki mungkin ditutup, restoran-restoran mungkin ditutup, bahkan gereja-gereja kita mungkin ditutup sementara, tetapi Surga selalu terbuka. Jadi, jangan takut. Yesus berkata, “Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya" Yoh. 14:14. Karena itu, "Bukalah mulutmu lebar-lebar, maka Aku akan membuatnya penuh" Maz. 81:11.

Virus Corona ini tidak dapat menghentikan Allah. Berdoalah dalam cara yang tidak sama seperti sebelumnya, karena Surga selalu terbuka.

Randy Maxwell adalah pendeta dari Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh di Renton, Washington, tempat dia tinggal bersama istrinya, Suzette. Dia adalah penulis dari buku "If My People Pray" dan "Bootcamp for the Last Days."

PERTANYAAN-PERTANYAAN RENUNGAN: Apakah rak kerohanian Anda kosong di beberapa bagian karena pekerjaan dan kesibukan hidup beberapa tahun terakhir? Mungkin ada beberapa persediaan dan rahmat surgawi yang perlu Anda miliki? Lebih jauh, jika Anda dapat meminta karunia rohani, untuk kemenangan di bidang tertentu, atau untuk berkat rohani lainnya, apa yang akan Anda minta? Pikirkan pertanyaan-pertanyaan ini selama beberapa menit.

TANTANGAN UNTUK AKTIF: Mengapa Anda tidak mengambil waktu untuk menuliskan hal-hal yang Anda rasa dibutuhkan untuk minggu ini — kemudian cari janji-janji Alkitab tertentu di mana Allah memberi tahu kita bahwa Ia akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus itu. Baik itu uang untuk membayar tagihan, atau kekuatan di bagian di mana Anda secara rohani lemah, mulailah secara aktif menuntut janji-janji Allah ketika Anda berdoa.

 “Engkau tidak perlu pergi ke ujung bumi untuk mencari hikmat, karena Allah dekat. Bukanlah kecakapan yang engkau miliki sekarang ini, atau yang akan kau miliki nanti, yang akan mendatangkan sukses kepadamu. Tetapi yang memberi sukses adalah apa yang dapat diperbuat Allah bagimu. Kita perlu mempunyai keyakinan yang kurang terhadap apa yang dapat dilakukan manusia, lalu lebih banyak menaruh keyakinan dalam apa yang dapat diperbuat Allah bagi setiap jiwa yang percaya. Ia ingin engkau menjangkau Dia melalui Iman. Ia ingin engkau mengharapkan hal-hal besar dari-Nya”  (Christ Object Lessons, hal. 146)


Menggali Lebih Dalam: Saran Bacaan Tambahan untuk Minggu ini.
·         Ellen White, Kebahagiaan Sejati, pasal 11, “Doa” - lampiran
·         Randy Maxwell, Boot Camp for the Last Days


    Hari 29 – Fokus Doa – Jumat, 24 April 2020

BERITA BAIK! Departemen Pemuda Divisi Euro-Asia di Moskwa, Rusia, menyelenggarakan Doa Maraton bagi seluruh orang muda melalui aplikasi Zoom baru-baru ini. Partisipan terhubung dari seluruh Divisi, dengan fokus pada kuasa Allah, pengawasan-Nya, dan doa. Tuhan memberkati!

·         Berdoalah agar orang muda kita di seluruh dunia akan terus menemukan cara untuk bersama-sama berdoa dan belajar Alkitab. Berdoalah agar pengalaman yang mereka dapatkan sekarang bersama Yesus karena krisis ini akan berlangsung lama.

·         Berdoa bagi orang-orang tua yang bergumul untuk mengajar atau membantu memantau pendidikan online anak-anak mereka selama pandemi ini. Berdoalah untuk kebijaksanaan dan kekuatan bagi orang-orang tua!

·         Berdoa bagi siswa-siswa Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi yang sekarang akan kehilangan kelulusan normal mereka. Berdoalah untuk keberanian bagi mereka, dan arahan untuk rencana apa yang harus mereka buat bagi masa depan.

·         Berdoalah untuk kesehatan, kekuatan, dan inspirasi bagi para pemimpin pelayanan orang muda, pendidik, guru, dan pekerja lainnya yang bekerja untuk menginspirasi dan menguatkan orang muda kita selama masa krisis ini.


·         Berdoalah untuk pertemuan penginjilan online dari It Is Written - “Hope Awakens” (“Kebangkitan Pengharapan”) yang baru dimulai. Ada banyak kendala dan kita tahu bahwa musuh bekerja keras untuk membuat agar program ini tidak berhasil. Tetap doakan seri penginjilan yang sangat penting ini. (Untuk mempelajari lebih lanjut, kunjungi: https://www.discoverhopeawakens.com).

Comments